Perempuan SriKendes punya cerita. Sukma Ratri

Suksma Ratri




Perempuan Jawa yang dibesarkan di tanah Sunda dan juga fasih berbahasa Sunda. Ratri adalah seorang survivor orang yang hidup dengan HIV (ODHA), dijalani sudah 12 tahun dengan aman sentosa. Selama itu pula, Ratri banyak membantu teman-tmannya berkaitan dengan isu HIV maupun penghapusan diskriminasi pada identitas lainnya.


Menurut Ratri, hidupnya sebagai istri dari seorang laki-laki asing malah banyak mendapatkan stigma dibandingkan dirinya sebagai ODHA. Seperti yang Ratri tuliskan di status FBnya ;



Gua pernah bilang bahwa stigma gua sebagai pengidap HIV nyaris tidak ada seujung kukunya jika dibandingkan dengan stigma sebagai perempuan Asia yang menikahi laki-laki berkulit putih. Dari mulai candaan tentang perbaikan keturunan, perbaikan taraf ekonomi, sebagai gold digger. Udah kenyang mampir di telinga gua, ungkap Ratri di status Fb-nya tertanggal 13 Oktober 2018.


Selain hobby menjadi model, Ratri juga mempunyai hobby menari Salsa dan tarian traditional. Ratri yang berkulit sawo matang, justru saat kecil sering mendapatkan stigma dan bullying sebagai anak yang “jelek” karena tidak memiliki kulit berwarna putih. Warna kulit yang diyakini oleh mayoritas industri sebagai tolak ukur kecantikan perempuan.


Dalam kesibukannya sebagai pekerja, Ratri setiap Kamis sore, mengajar sebagai relawan guru bahasa Inggris untuk anak-anak di Rumah Susun Bidara Cina, Jakarta Timur.


Baca juga : Poppy Louise

Alegra Wolter

Valentina



ADA YANG BISA KAMI BANTU ?

TEMUKAN KAMI DI 

DAPATKAN INFO TERBARU SRIKENDES