Perempuan - perempuan SriKendes



Dua "perempuan" ini sengaja Sri Kendes pertemukan untuk keperluan foto baju merah putih, dalam moment Agustusan. Yang kiri namanya Ienes Angela dan kanan Ratri Pearman, keduanya sudah bersahabat lama, terutama untuk kerja kemanusiaan.



Ienes

Ienes selama ini bekerja untuk membantu kawan-kawan transgender dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Sedangkan Ratri, seorang perempuan survivor yang terus menyuarakan penghapusan diskriminasi pada orang yang hidup dengan HIV. Keduanya bertemu pada isu yang sama, membuat mereka jadi sangat dekat dan saling support satu sama lain.


Kali ini, menjelang hari kemerdekaan RI, Srikendes dengan baju kebaya kutu baru berbahan lurik ATBM Klaten, Jateng, mengingatkan kembali makna kemerdekaan bagi setiap orang. Apakah kita sebagai bangsa telah "memerdekakan" setiap warga dari segala bentuk peminggiran dan pemiskinan dalam segala bentuk ?


Kata perempuan yang saya beri tanda kutif pada kalimat pertama, untuk menunjukkan bagaimana perempuan yang hidup dengan HIV dan transgender sebagai perempuan sosial, masih panjang untuk hidup bebas dan merdeka sebagai manusia dan warga negara. Stigma sebagai perempuan "tak bermoral" masih terus dilekatkan pada mereka yang hidup dengan HIV dan transgender. Akibatnya hak dasar sebagai warga masih banyak hambatan untuk didapat.


Sukma Ratri


Foto-foto ini semoga dapat menjadi "simbol" kekuatan bagi Ienes, Ratri bersama komunitasnya untuk tetap yakin dan teguh berjuang atas makna kemerdekaan yang sesunggunya.


Baca juga : Henny Supolo Sitepu : Kebaya, Narasi Kecil dan SriKendes.

69 views

ADA YANG BISA KAMI BANTU ?

TEMUKAN KAMI DI 

DAPATKAN INFO TERBARU SRIKENDES